Selasa, 10 April 2012

WISATA PANTAI CILACAP

Wisata Cilacap

Tulisan ini merupakan catatan awal tempat Wisata Cilacap. Cilacap merupakan kabupaten dengan wilayah terluas di Jawa Tengah, dengan nomor kode telepon 0282 dan 0280. Daerah di bagian Selatan merupakan dataran rendah, sedangkan di Utara merupakan daerah perbukitan, dengan kawasan hutan berada di bagian Utara, Timur, dan Selatan.
Cilacap berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Banyumas di Utara, Kabupaten Banyumas dan Kebumen di Timur, Samudra Hindia di Selatan, serta Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar di sebelah Barat, karenanya Cilacap merupakan daerah pertemuan Budaya Jawa Banyumasan dengan Budaya Sunda, sehingga sebagian penduduk Kabupaten Cilacap bertutur dalam bahasa Sunda.

Wisata Cilacap

Air Panas Cipari Cilacap
wisata cilacapWisata Cilacap di Desa Cipari, Kecamatan Sidareja, yang merupakan tempat pemandian air panas mengandung belerang yang dipercayai bisa membantu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.
Benteng Pendem Cilacap
wisata cilacapWisata Cilacap seluas 6,5 ha, 500 m dari Pantai Teluk Penyu, dibangun Belanda secara bertahap pada 861-1879, dilengkapi barak, klinik, penjara, ruang amunisi, lubang tembak dan terowongan,tertimbun tanah sedalam 1-3 m.
Curug Cigombong Cilacap
wisata cilacapWisata Cilacap di Desa Sadabumi, Kecamatan Majenang, Cilacap, yang lokasinya berada di dalam kawasan hutan milik Perhutani.
Gua Bendung Cilacap
wisata cilacapWisata Cilacap sepanjang 150 m, lebar 10 m, dicapai melalui Pelabuhan Lomanis atau Pelabuhan Seleko menuju Desa Klaces, dilanjutkan dengan berjalan kaki satu jam. Bisa naik kendaraan 45 menit dari Dermaga Sodong.
Gua Masigitsela Cilacap
wisata cilacapWisata Cilacap di Pulau Nusakambangan, dengan stalakmit dan stalaktit indah, serta mata air di dalam gua, stalakmit Kasur Nabi Sulaiman dan dinding batu tempat pertapaan Aji Saka.
Gua Ratu dan Gua Putri Cilacap
wisata cilacapWisata Cilacap di perbukitan kapur Pulau Nusakambangan bagian tengah, dengan panjang 4 km, lebar 20 m, dihiasi stalaktit dan stalakmit. Di dalam Gua Ratu terdapat batu Ganda Mayit dan Batu Selendang Mayang.
Gua Ronggeng Cilacap
wisata cilacapWisata Cilacap di Pelawangan sepanjang 60 m, lebar 10 – 20 m , di ujung barat Pulau Nusakambangan, dicapai lewat Majingklak dengan perahu Compreng 30 menit, lalu berjalan kaki 10 menit sampai ke mulut goa.
Gunung Selok Cilacap
wisata cilacapWisata Cilacap di Desa Karangbenda, Adipala, dengan ketinggian 150 mdpl, dicapai dengan naik angkutan dari terminal Adipala; ada gua dan benteng peninggalan Jepang, petilasan Padepokan Jambe Lima dan Padepokan Jambe Pitu.
Gunung Srandil Cilacap
wisata cilacapWisata Cilacap di Desa Karang Benda, Adipala, 26 Km dari pusat kota, dengan gua, pantai, petilasan dan koleksi flora dan fauna, ditempuh dengan naik bus jurusan Cilacap-Jatijajar-Kebumen.
Kampung Laut Cilacap
wisata cilacapWisata Cilacap berupa rumah panggung di atas permukaan air laut, di daerah hutan bakau Segara Anakan, dicapai dari dermaga Seleko, 4 jam dengan perahu compreng, atau 2 jam dengan perahu motor.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar