Selasa, 10 April 2012

PENGERTIAN WEB MASTER










Sebuah webmaster (dari web dan master), [1] juga disebut arsitek web, web developer, situs penulis, atau administrator situs, adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjaga satu atau banyak situs. Tugas webmaster mungkin termasuk memastikan bahwa server web, perangkat keras dan perangkat lunak yang beroperasi dengan benar, merancang website, menghasilkan dan merevisi halaman web, membalas komentar pengguna, dan memeriksa lalu lintas melalui situs. Sebagai aturan umum, webmaster profesional "juga harus berpengalaman dalam perangkat lunak Web transaksi, pembayaran pengolahan perangkat lunak, dan perangkat lunak keamanan." [2] Karena kebutuhan 822 RFC untuk membangun "postmaster" alamat email untuk satu titik kontak untuk administrator email dari domain, yang "webmaster" alamat dan judul telah secara tidak resmi diadopsi oleh analogi untuk administrator website.

Webmaster mungkin generalis dengan keahlian HTML yang mengelola sebagian besar atau semua aspek operasi Web. Tergantung pada sifat dari situs yang mereka kelola, webmaster biasanya tahu bahasa script seperti Javascript, PHP dan Perl. Mereka juga mungkin diperlukan untuk mengetahui cara mengkonfigurasi server web seperti Apache atau IIS dan menjadi administrator server. Selain itu, webmaster juga dapat bertindak sebagai desainer website di skala yang lebih kecil situs. [3]

Definisi alternatif webmaster adalah pelaku bisnis yang menggunakan media online untuk menjual produk dan / atau jasa. Definisi yang lebih luas dari webmaster mencakup tidak hanya aspek teknis mengawasi konstruksi website dan pemeliharaan, tetapi juga manajemen konten, iklan, pemasaran, dan pemenuhan pesanan untuk website [4].

Inti tanggung jawab webmaster dapat mencakup pengaturan dan pengelolaan hak akses pengguna yang berbeda dari sebuah situs web, penampilan dan pengaturan navigasi website. Penempatan konten dapat menjadi bagian dari tugas seorang webmaster banyak, meskipun pembuatan konten mungkin tidak.

1 komentar: