Selasa, 10 April 2012

PENGERTIAN TWITTER



Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan[3] (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".







PENEMU

Di artikel kali ini utuy akan membahas tentang Penemu Twitter. Jack Dorsey, lahir November 19, 1976, ketika usianya baru 24 tahun muncul ide yang sederhana dibenaknya untuk mengubah cara berkomunikasi secara sosial, sebuah ide yang akhirnya berubah menjadi apa yang sekarang kita kenal sebagai Twitter. Jack Lahir di St Louis, Missouri, ia sudah menunjukkan minat dalam pengembangan perangkat lunak pada usia 14 dan adalah untuk menciptakan perangkat lunak open source aplikasi yang berhubungan dengan rute taksi dan kurir pengiriman. Penemu Twitter Penemu Twitter - Setelah kuliah di University of Missouri dan di New York, ia pindah ke California. Pada saat itu, pesan instan benar-benar mulai luarbiasa, dengan AOL Instant Messenger layanan yang sangat populer. Dorsey melihat hal ini dan bertanya-tanya apakah ia dapat menggabungkan ide-ide awalnya untuk menyediakan layanan pengiriman pesan status. “Bagaimana jika Anda dapat berbagi status Anda dengan semua teman-teman Anda benar-benar mudah, sehingga mereka tahu apa yang Anda lakukan, tapi Anda tidak ingin harus menulis seluruh blog entry atau Live Journal entry?” Seiring berjalannya waktu dan Jack sedang sibuk bekerja pada sebuah solusi pengiriman berbasis web, ia menganggap apakah pesan teks SMS dapat dimasukkan ke dalam konsep pesan status interaktif. kemudian Evan Williams, seorang mantan eksekutif Google, menyediakan dana investasi dan bersama-sama dengan Dorsey dan Stone untuk operasional twitter, Inc. Pada awal 2006 mereka sudah siap, tetapi tidak benar-benar memiliki strategi peluncuran yang aktif. Penemu Twitter - Pada bulan Agustus tahun 2006, twitter lahir, layanan microblogging ini Berbeda dengan layanan blog seperti Blogger, Wordpress dan Multiply, Twitter memiliki batasan 140 karakter per post – oleh sebab itu dinamakan microblogging. Apabila aktifitas menulis yang dilakukan oleh para blogger sekarang sudah memiliki kata kerja sendiri yaitu blogging, demikian juga halnya dengan aktifitas yang dilakukan oleh para pengguna Twitter:






manfaat
yang dapat kita peroleh dari Twitter, yaitu:
Media silaturahmi
Dengan memfollow dan difollow oleh keluarga dan teman-teman Anda, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi dengan mereka. Keuntungan yang ditawarkan oleh Twitter adalah Anda hanya perlu sekali mengirim suatu informasi, dengan seketika informasi tersebut disampaikan kepada kerabat Anda. Dengan mudah Anda juga dapat mengetahui apa yang dipikirkan oleh kerabat Anda dan mereka sedang berada di mana melalui update yang mereka kirimkan.
Mendapatkan berita terkini
Ada begitu banyak media cetak dan elektronik yang aktif di Twitter (@korantempo, @ssfm100) . Anda dapat memfollow mereka untuk mengetahui berbagai berita terkini. Bukan hanya berita politik dan ekonomi, Anda juga dapat mengetahui kondisi lalu lintas (@tmcpoldametro, @tmcpoldajabar) dan bencana alam (@infogempabmg) yang terjadi di sekitar Anda. Sehingga sebelum sesuatu yang buruk terjadi, Anda sudah dapat melakukan tindakan antisipasi.
Mendapatkan motivasi
Ada banyak motivator baik dalam dan luar negeri yang rutin membagikan kata-kata motivasi di akun twitternya (@tonyrobbins, @johncmaxwell, @tungdw, @nutrisijiwa). Silahkan follow mereka untuk mendapatkan semangat yang baru setiap hari.
Sumber pemecahan masalah
Twitter itu gudangnya orang-orang intelek. Di sana Anda dapat menemukan orang-orang yang ahli di bidangnya masing-masing, dari ahli pemasaran offline (@jamesgwee, @hermawank) hingga pakar pemasaran online (@joelcomm, @problogger) ada di Twitter. Jika Anda menemukan jalan buntu, silahkan mention mereka.
Sumber penghasilan
Ini yang saya suka. Dari ngetweet Anda bisa mendapatkan uang. Ada banyak program pay per tweet baik dalam maupun luar negeri yang bersedia untuk membayar Anda untuk setiap iklan mereka yang Anda tweet. Untuk yang lokal ada @idblognetwork. Saat ini saya dibayar Rp. 150.000,- per tweet yang saya kirimkan melalui @nutrisijiwa. Ingin penghasilan tambahan? Silahkan bergabung di idblognetwork.com.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar